INTI

“INTI”

KULINER KHAS TIGO BALEH

Kota Bukittinggi adalah kota terbesar kedua di Provinsi Sumatera BaratIndonesia. Kota ini pernah menjadi ibu kota Indonesia pada masa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia. Kota ini juga pernah menjadi ibu kota Provinsi Sumatera dan Provinsi Sumatera Tengah.Bukittinggi pada zaman kolonial Belanda disebut dengan Fort de Kock dan dahulunya dijuluki sebagai Londen Van Andalaskarena adanya Jam Gadang yang mesin jam tersebut sama dengan mesin Jam Big Ben di London (wikipedia).

Kota ini merupakan tempat kelahiran beberapa tokoh pendiri Republik Indonesia, di antaranya adalah Mohammad Hatta dan Assaat yang masing-masing merupakan proklamator dan pejabat presiden Republik Indonesia. Dan kota ini adalah kota yang menjadi kampung halamanku. Dikota ini aku dibesarkan, hingga waktu usia sekolahku dimulai pada tahun 1982 (wikipedia)

Selain sebagai kota perjuangan, Bukittinggi juga terkenal sebagai kota wisata yang berhawa sejuk, dan bersaudara (sister city) dengan Seremban di Negeri SembilanMalaysia. Seluruh wilayah kota ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Agam. Tempat wisata yang ramai dikunjungi adalah J Gadang, yaitu sebuah menara jam yang terletak di jantung kota sekaligus menjadi simbol bagi kota yang berada di tepi Ngarai Sianok (wikipedia).

Untuk jajanan atas makanan cemilan khas kota bukittinggi salah satunya adalah INTI.Inti akan dihidangkan bersama dengan makanan lain pada setiap acara adat ataupun pesa perayaan keluarga. Pada acara tersebut biasanya dihidangkan bermacam makanan khas seperti, randang, asam padeh daging, pangek ikan, gulai ayam naneh, paruik lauak, paragede kantang, karupuak tunjuak. Kue atau kuliner khas adat yang harus dihidangkan pada upacara adat yang diadakan adalah: kue inti, galamai, wajik, pinyaram, pisang. Kue inti adalah salah satu kue yang harus ada dihidangkan pada setiap upacara adat yang diadakan, baik upacara perkawinan ataupun upacara khatam Al-Quran. Yang mau buat inti silahkan. Rasanya dijamin enak.

Kue Inti yang sering dibuat oleh tante aku bisa dilihat disini resepnya.

Bahan kulit : Tepung beras ketan Kelapa Air kelapa Garam halus Gula pasir

Bahan isi: Kelapa, Gula pasir, Garam halus, vanili, Minyak goreng

Cara membuat :

  1. Larutkan garam, gula pasir, dengan air kelapa aduk rata
  2. Masukan tepung beras ketan dan kelapa kedalam waskom, kemudian tuang air kelapa yang telah dicampur gula pasir dan garam sedikit demi sedikit aduk hingga kalis
  3. Kelapa, garam, gula, vanili, dicampur dan diaduk rata sebagai bahan isi dari kue inti.
  4. Ambil sedikidit adonan, kemudian bulatkan dan bagian tengahnya ditekan dengan jempol lalu diisi dengan adonan isi yang telah dibuat sebelumnya.
  5. Bulatkan kembali inti yang sudah diisi, hati-hati jangan sampai bocor atau isinya keluar.
  6. Lumuri adonan dengan tepung terigu
  7. Goreng dari minyak dingin sebanyak 4-5 bh sampai kuning                         Bentuk kue inti yang dihasilkan adalah bulat dengan diameter 4 cm. Warna kue inti yang dihasilkan adalah kuning keemasan. Rasa kulit kue inti yang dihasilkan adalah gurih, manis. Aroma yang dihasilkan adalah harum. Tekstur yang dihasilkan adalah kenyal.

Teknik pengolahan kue inti ini masih sederhana seperti dalam hal menggunakan bahan yang akan digunakan, mereka biasanya masih menggunakan genggaman tangan untuk menakar bahan yang digunakan.

Selamat Mencoba

IMG_20150208_184616

INTI

PENNYLANE BROWNIES

Saya bikin ini mulai dari pagi jam 9 awalnya. Tapi kelarnya baru jam 11 dan langsung di jepret. Sebenarnya waktu yang dibutuhkan untuk membuatnya tak lama, tapi karena mahasiswaku bolak balik, bolak balik berulangkali. Mereka pamit akan berangkat magang ke berbagai kota, jadinya bikin pennylane yang lama.

Yang pernah bikin pasti tau dong rasanya gimana. Enak, dan lembab. Biarpun nggak pake DDC tetep aja rasanya nyoklat.

Hasilnya ..

ya lumayan walau eike masih belum berhasil membuat lapisan  lapisan shinny nya atau thin crustnya di permukaannya, meski oven sudah dipanaskan dengan suhu tinggi. Dari segi rasa memang enak tapi terlalu manis bagi saya. Kena kami bukan pencinta gula. Cuma ambil seupil aja, namun tetep aja untuk misua dimakan sampe beberapa potong sambi ngopi.

Hmm…enak…Katanya my husband.

Alhamdulillah

Buat sahabat yang mau bikin ini resepnya sista…

Bahan :
4 butir telur
360 g gula pasir
210 g tepung terigu
60 g coklat bubuk kualitas bagus
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanili bubuk
225 ml minyak goreng
50 g choco chips (bisa pake choco chips, bisa kacang almond atau kacang yang lain)

Cara membuat :
1. Siapkan 2 bh loyang brownies ukuran 10x20x4 cm alasi kertas roti dan olesi margarin. Panaskan oven dengan suhu 200°C.
2. Kocok telur dengan speed rendah sampai mengembang, masukkan gula pasir dan kocok sampai larut.
3. Masukkan campuran terigu, coklat bubuk, garam dan vanili sambil diayak, aduk rata menggunakan spatula.
4. Masukkan minyak goreng, aduk balik sampai rata.
5. Tuangkan ke dalam loyang, taburi choco chip atau almond. Masukkan dalam oven dan turunkan suhunya seketika menjadi 180°C. Panggang selama 30-35 menit. Jangan overbake supaya tidak keras. Ketika ditusuk menggunakan lidi masih ada yang menempel biarkan saja. Segera keluarkan dari oven dan dinginkan.

Potong-potong dan sajikan.
pennylane

PENNYLANE BROWNIES

DONAT WORTEL

donat wortel

Bahan-bahan:
350 gram tepung terigu protein tinggi (saya pakai cakra)
9 g ragi instan
25 gram gula pasir
15 gram susu bubuk
1/2 sendok teh baking powder
2 butir kuning telur
100 gram wortel potong-potong
100 ml air
35 margarin
1 sendok teh garam
minyak untuk menggoreng

Bahan Pencelup:
225 gram gula halus

Cara Pengolahan :
1.Blender wortel & air sampai lembut. Ukur 180 gram.
2.Campur tepung terigu, ragi instan, gula pasir, susu bubuk, dan baking powder. Aduk rata.
3.Tambahkan telur. Uleni rata. Masukkan campuran wortel sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis.
4.Tambahkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 20 menit. Kempiskan adonan.
5.Timbang masing-masing 15 gram. Bulatkan. Diamkan 10 menit. Pipihkan sedikit adonan. bentuk bulat lagi. Letakkan diloyang yang ditabur sedikit tepung terigu. Diamkan 30 menit sampai mengembang.
6.Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang. Angkat dan tiriskan.
7.Celup dengan gula halus.
Untuk 40 buah

DONAT WORTEL

PEMPEK ENAK

pempek mama

Pempek atau Empek-empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu. Sebenarnya sulit untuk mengatakan bahwa pempek pusatnya adalah Palembang karena hampir di semua daerah di Sumatera Selatan memproduksinya. Termasuk di dekat rumah..ada pempek ogan namanya, setiap hari jualan di Tanjung pati dan d iota biruku Payakumbuh juga ada. Pempek menjadi list dalam jajanan kuliner kota Batiah.
Penyajian pempek ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko dibuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. Bagi masyarakat asli Palembang, cuko dari dulu dibuat pedas untuk menambah nafsu makan. Namun seiring masuknya pendatang dari luar pulau Sumatera maka saat ini banyak ditemukan cuko dengan rasa manis bagi yang tidak menyukai pedas. Cuko dapat melindungi gigi dari karies (kerusakan lapisan email dan dentin). Karena dalam satu liter larutan kuah pempek biasanya terdapat 9-13 ppm fluor. satu pelengkap dalam menyantap makanan berasa khas ini adalah irisan dadu timun segar dan mie kuning. Tapi banyak juga yang memakannya hanya dengan cukonya saja.
Jenis pempek yang terkenal adalah “pempek kapal selam”, yaitu telur ayam yang dibungkus dengan adonan pempek dan digoreng dalam minyak panas. Ada juga yang lain seperti pempek lenjer, pempek bulat (atau terkenal dengan nama “ada’an”), pempek kulit ikan, pempek pistel (isinya irisan pepaya muda rebus yang sudah dibumbui), pempek telur kecil, dan pempek keriting. Saat ini banyak lagi variasi pempek yang dijual di pasaran….dan yang paling saya suka adalah pempek crispy. Pertama kali mencoba ini waktu liburan akhir tahun kemaren. Saya dibawa saudara makan itu ke sarang pempek di kota ampera itu.
Pempek merupakan makanan khas Palembang, dan cara membuat pempek sendiri tergolong sedikit rumit karena harus membutuhkan beberapa tahap atau proses agar bisa menjadi pempek yang nikmat dan lezat. Jika dilihat dari segi bahan bisa ditemukan dengan mudah di pasaran, untuk membuat pempek yang nikmat anda harus sedikit lebih sabar dan teliti.

Bahan
•750 g tepung sagu dengan kualitas baik
•500 g ikan gabus/tenggiri/belida giling 1/2 sdm garam dapur / secukupnya
•1/2 bks bumbu penyedap
•½ cangkir air es matang
•rebus air di dalam panci besar yang diberi 2 sdm minyak goreng

Cara membuat pempek
1.Pertama campurkan ikan giling dengan air es dan garam serta bumbu penyedap, aduk ikan giling hingga adonan benar-benar tercampur.
2.Kemudian tambahkan tepung sagu pada adonan ikan giling tadi secukupnya sampai adonan kenyal sehingga dapat diuleni dan tidak lengket lagi. (untuk sedikit atau banyak nya sagu tergantung tingkat kekenyalan yang kita inginkan, agar rasa ikan benar-benar terasa, jangan terlalu banyak memberi sagu)
3.Untuk membentuk adonan lumuri tangan dengan sedikit tepung agar tidak lengket, kemudian bentuk sesuai selera (bisa di bentuk lonjong atau bisa di isi dengan telur)
4.Rebus adonan pempek hingga adonan pempek benar-benar mengapung, lalu angkat dan tiriskan.

Bahan untuk cuka
•125 gr gula aren
•25 gr air asam jawa
•500 ml air minum bersih
•100 gr bawang putih, bersihkan lalu cincang halus
•1/2 sdt garam
•1 sdm ebi, yang sudah di haluskan
•10 buah cabai rawit, kemudian dihaluskan (tingkat kepedasan sesuai selera)

Cara membuat cuka
1.Masukkan gula aren dan asam jawa ke dalam air, kemudian masak hingga mendidih.
2.Campurkan bawang putih, garam, ebi dan cabai rawit kedalam larutan gula aren tadi, lalu masak dan didihkan kembali.

Setelah matang, angkat dan saring cuka pempeknya.
Demikianlan beberapa langkah cara membuat pempek nikmat. Setelah siap untuk disajikan dengan tambahan timun potong atau sesuai selera.

Salam DPS
Salam DGS
SVASTHA HARENA

PEMPEK ENAK

DONAT LABU KUNING

donat labu

Upaya penurunan berat badan yang instan diusahakan oleh semua ibu-ibu seantaro jagad. Begitu banyak orang melakukan diet dengan cara bermacam-macam, ada yg mengkonsumsi berbagai merek obat pelangsing dipasaran yang banyak beredar tetapi mereka tidak memikirkan bahaya dan efek samping obat-obatan tersebut.

Berikut adalah salah satu cara alami untuk mengurangi berat badan. Saya lebih sering menyebutnya dengan Diet Energi Seimbang.
Istilah ”diet” yang dikenal orang banyak selalu berujung pengurangan jadwal dan jumlah jam makan. Padahal hakikatnya “diet” itu adalah pengaturan pola makan yang seimbang.

Jadiii..
Diet bukan hanya untuk orang yang ingin menguruskan atau meneurunkan berat badan..
Diet bukan hanya untuk orang yang sakit dan ingin sembuh…
Diet tidak hanya untuk orang yang ingin menaikkan berat badannya..

TAPI..
Diet adalah pengaturan jam, jumlah dan Jenis menu yang seimang, sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang..Saya suka menyebutnya dengan Diet Gizi Seimbang dan Diet Pangan Sehat

Salah satu diet dengan kombinasi makanan serasi, kita bisa beralih pada pangan lokal seperti WALUH atau LABU KUNIANG bahasa kampung kami. Labu/waluh yang sering kita jumpai pada bulan Ramadhan. Namun kadang dihari biasa juga sering kita temui.

Kenapa buah Labu….??

– Labu kuning memiliki manfaat untuk menjaga pencernaan agar tetap bisa bekerja dengan baik karena mengandung serat yang cukup tinggi. Serat yang cukup menjauhkan kita dari sembelit, wasir, kanker kolon dan masalah pencernaan lainnya. Serat juga sangat direkomendasikan dalam diet sehat, diet untuk mengontrol kolesterol, diet penurunan berat badan dan diet untuk diabetes.

– Dengan mengkonsumsi buah labu secara teratur maka otomatis fungsi pankreas akan baik dan insulin bekerja dengan baik. Selain itu buah tersebut tidak menaikan kadar gula darah dalam tubuh sehingga sangat baik untuk mencegah penyakit diabetes.

– Labu sangat baik untuk kesehatan ginjal dan mampu mencegah penuaan dini karena mengandung antioksidan, untuk mengobati bisul dan sebagai pencahar urin yang telah dikenal sejak lama.

– Labu Kaya akan vitamin A, C dan E dan mineral, yang berfungsi untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan radikal bebas.

– Labu kuning mengandung beta karoten yang dapat mencegah penyakit paru-paru serta kanker usus besar. Beta karoten juga baik untuk kesehatan jantung Anda.

– Untuk melindungi mukosa lambung dan dapat membantu pencernaan.

– Secara alami labu kuning mengandung omega 3 asam lemak yang sangat baik untuk kesehatan otak.

– Biji buah labu mengandung alkaloid berguna sebagai anti kanker, yang sangat baik untuk mencegah serangan sel kanker.

– Biji dan kulit labu mangandung magnesium, kalium dan seng yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan, yaitu baik untuk kekebalan, kekuatan dan kepadatan tulang. Labu juga sangat bagus untuk membantu melawan hipertensi atau tekanan darah tinggi

Yach..kita tinggalkan sejenak masalah diet labu..

Manfaat labu..lainnya adalah :
Kita bisa membuat donat fortifikasi…..
Cuma donat ini kurang cocok bagi kita yang sedang berdiet rendah energi tinggi serat..
Karena donatnya berbahan dasar terigu juga nich ceritanya..
Hee..hee..tapi sekali ini aja ndak apa kok..diluapinaja diet RETS nya..yaya..ya,..

Berikut bahan yang digunakan untuk DONAT LABU KUNING

Bahan A:
500 g tepung terigu protein tinggi
60 g susu bubuk
11 g ragi instant
80 g gula pasir

Bahan B:
4 butir kuning telur
100 ml air dingin
250 gr Labu kuning, kukus, haluskan, dinginkan

Bahan C:
75 gr margarin
½ sdt garam

Cara membuatnya:
1.Campur semua Bahan A, aduk rata. Masukkan Bahan B, uleni hingga bergumpal-gumpal.
2.Beri Bahan C, uleni terus hingga kalis elastis. Bulatkan dan diamkan selama 20 menit.
Bagi adonan, masing-masing 40gr, bulatkan hingga licin. Diamkan 15 menit, hingga mengembang.
3.Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan.
Angkat, tiriskan.
4.Taburi gula donat, atau hias sesuai selera

DONAT LABU KUNING