ALUR LOGIKA KAUSALITAS…RINCE ALFIA FADRI…”TUGAS LOGIKA SAINS” PRODI BIOMEDIK-ILMU GIZI

Pendahuluan

            Konsep fisiologis dari kausalitas, prinsip dasar sebab akibat, mengacu pada suatu pola spesifik hubungan sebab akibat. Setiap cabang ilmu akan menjabarkan proses sebab akibat dalam nuansa paradigma masing-masing. Tetapi secara luas dapat dikemukanan bahwa kausalitas adalah suatu hubungan (relationship) yang mengaitkan antara berbagai peristiwa, sifat (property, variabel atau keadan situasional.

            Kausalitas selalu mencakup beberapa kaidah hubungan dependen antara sebab dan akibat. Pada proposal penelitian berikut ini mencoba memahami mekanisme keteraturan sebab akibat seperti :

  • Kaidah I adalah kaidah kronologis, dimana setiap akibat selalu didahului sebab. Pada penelitian ini kaidah kronologisnya adalah, obesitas merupakan akibat yang timbul dari berbagai faktor penyebab seperti :
    • Kelebihan konsumsi energi
    • Rendahnya asupan serat
    • Kurangnya aktifitas fisik
    • Jadi obesitas merupakan akibat yang disebabkan oleh tidak seimbangya konsumsi energi yang tidak diikuti dengan konsumsi serat ditambah dengan kurangnya aktifitas fisik.
  • Kaidah II adalah dengan asumsi bahwa bila suatu faktor adalah sebab, maka bila hal-hal lain tidak berubah, maka keberadaan faktor sebab akan terjadi akibat. Atau probabilitas untuk terjadinya akibat akan meningkat. Pada penelitian ini semua faktor penyebab terjadinya obesitas akan memicu peningkatan banyaknya penderita obesitas disuatu daerah jika faktor penyebabnya tidak dihindari.
  • Analisis Inus
  1. Berbagai peristiwa / faktor seperti rendahnya konsumsi serat, kebiasaan makan, pola hidup, keturunan, penyakit-penyakit yang diderita.
  2. Semua ini adalah unnecessary but sufficient untuk obesitas, karena sangat banyak kumpulan peristiwa / faktor lain yang dapat membuat seseorang menjadi obesitas, namun pada banyak fakta dari hasil penelitian dari para pemerhati gizi, obesitas sering terjadi akibat kumpulan peristiwa di bawah ini.
  3. Dalam kumpulan peristiwa faktor penyebab ini, konsumsi energi yang tinggi dan kurangnya konsumsi serat serta kurangnya aktifitas fisik adalah insufficient but not redundant part, karena rendahnya konsumsi serat sendiri tidak dapat menyebabkan terjadinya obesitas, tetapi obesitas tidak akan terjadi tnpa berbagai faktor penyebab ini.
  • DAFTAR PUSTAKA
  • Adnil. E.N. 2008 Logika Sain , edisi ketiga. Padang

 

 

ALUR LOGIKA KAUSALITAS…RINCE ALFIA FADRI…”TUGAS LOGIKA SAINS” PRODI BIOMEDIK-ILMU GIZI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s