PROGRAM TELEVISI PENDIDIKAN

  1. Mata Acara : Bina Keluarga Balita
  2. Sasaran       : a. Kader BKB

                                         b. Para Ibu Rumah Tangga

  1. Rasional

Dalam program BKB salah satu aspek yang penting adalah kegiatan pengembangan pribadi anak balita dengan menggunakan Alat Permainan Edukatif (APE). Perkembangan pribadi anak dipengaruhi oleh factor jasmani dan factor rohani. Untuk pengembangan jasmani diperlukan makan uang bergizi, sedangkan untuk prkembangan rohani (kemampuan emosional, intelektual dan sosial) diperlukan alat permainan yang dapat mendidik (APE).

Agar para kader BKB maupun para ibu rumah tangga dapat menguasai cara menggunakan APE dengan benar, perlu ditunjang dengan penjelasan dan contoh cara menggunakan APE melalui siaran televise.

Diantara berbagai macam APE yang cocok untuk anak sejak usia 0 sampai 4 tahun adalah mainan gantungan. Oleh karena itu pada episode pertama tayangan APE dipilih mainan Gantungan.

  1. Judul : MAINAN GANTUNGAN
  1. Tujuan :
  2. Agar para pemirsa mengetahui perlunya permainan bagi perkembanhgan anak
  3. Agar para pemirsa mengetahui bahan dan cara membuat mainan gantungan
  4. Agar para pemirsa mengetahui cara menggunakan mainan gantungan
  5. Manfaat APE bagi perkembangan pribadi anak
  6. Macam-macam bentuk mainan gantungan
  7. Bahan untuk membuat mainan gangtungan
  8. Cara membuat mainan gantungan
  9. Cara menggunakan maianan gantungan
  1. Garis Besar Isi Pesan
  1. Sinopsis

Bermain sangat penting untuk perkembangan pribadi anak. Bermacam-macam alat permaianan edukatif (APE) yang bermanfaat untuk pengembangan aspek intelektual, emosional dan social. Satu diantara berbagai macam APE yang cocok untuk anak usia 0-4 tahun adalah mainan gantungan. Para kader BKB dan Ibu rumah tangga perlu mengetahui tentang macam-macam bentuk maianan gantungan dan cara membuat serta menggunakannya.

  1. Treatment

Program “Penggunaan APE” disajikan dalam bentuk demonstrasi dan narasi. Demonstrasi untuk menunjukkan alat permaianan dan contoh cara membuat serta cara menggunakannya. Sedangkan narasi (suara presenter) untuk menjelaskan tentang manfaat permainan, tujuan pengguanaan mainan, serta cara menggunakannya. Narasi mengiringi visualisasi dan untuk mempermudah dan memperjelas pemahaman visualisasi.

Episode maianan gantungan ini dimulai visualisasi dan music pembukaan (TUNE), dilanjutkan penayangan judul. Presenter menjelaskan manfaat APE serta mengajak untuk mempelajari maianan gantungan mulai dengan penayanmgan berbagai bentuk mainan gantungan, kemudian dilanjutkan tayangan bahan yang diperlukan untuk membuat maianan gantungan dan cara membuatnya.

Setelah itu ditunjukkan cara menggunakan mainan gantungan , yaitu :SUARA MERDU, IBU BERSUARA MERDU, KAKIKU PINTAR, TANGANKU TRAMPIL, SAYA LEBIH , WARNA APA INI, dan SAMAKAH AKU.

Episode ini diakhiri dengan memberitahukan judul episode tayangan berikutnya dan ditutup dengan visualisasi PENUTUP diiringi Musik Penutup )Standar).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MATA ACARA     : BINA KELUARGA BALITA (BKB)

TOPIK                   : ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE)

SUB TOPIK         : MAINAN GANTUNGAN

DURASI              : 20 MENIT

PELAKU             : PRESENTER           : WANITA

                               DEMONSTRATOR : IBU, BAYI DAN ANAK-ANAK (BALITA)

 

 

 

 

No

Visual

Waktu

Audio

01

Pembukaan standar untuk BKB

15”

Tune BKB

02

LS-Lebih kurang 10 anak balita dari berbagai usia (1 th, 2 th, 3 th, 4 th, dan 5 th) sibuk bermain dengan permainannya masing-masing (dilanjutkan)

 

15”

Musik (kanak-kanak riang)

 

CUT TO CUT

MS- Setiap anak yang asyik dengan permainannya masing-masing.

 

25”

Musik

03

LS- Kelompok anak sedang sibuk bermain

SUPER IMPOSE ANIMASI

JUDUL : BINA KELUARGA BALITA

 

25”

Musik

 

Down Out

 

04

 

Presenter

(Duduk di studio, wajah berseri)

 

 

 

Disolve

10”

Live ;

Saudara-saudara pemirsa, khususnya ibu-ibu, selamat berjumpa dalam acar Bina Keluarga Balita yang juga terkenal dengan singkatan BKB

 

05

CU-CAPTION

ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE)

 

10”

VO : Dalam acara ini akan disajikan tentang alat permainan edukatif atau APE

 

06

MS- Presenter

10”

Live :

Ibu-ibu, alat permainan bagi anak sangat besar manfaatnya

 

07

CU- Grafik Pertumbuhan Badan Balita

15”

VO: Jika ASI dan makanan bergizi bermanfaat bagi perkembangan potensi, jasmani, maka……

 

 

08

 

FS- Berbagai alat permaianan edukatif di meja

 

20”

 

VO : Alat permainan edukatif sangat bermanfaat untuk membantu perkembangan rohani, baik intelektual, emosional dan social

 

09

LS- Presenter menghadap ke meja yang penuh dengan berbagai macam alat permainan edukatif

ZOOM IN – ke beberapa alat yang ditunjuk presenter

20”

Live :

Dari berbagai alat permainan edukatif yang ada ini, kali ini kita akan membicarakan tentang mainan gantungan

 

10

FS – Tiga macam mainan gantungan (bentuk lingkaran, elips dan segi enam)

10”

VO : Dari bentuk papannya ada beberapa macam mainan gantung

 

11

MS – Presenter memegang jenis mainan gantungan berbentuk lingkaran

 

10”

Live:

Berbentuk lingkaran

 

12

MS – presenter memegang jenis mainan gantungan berbentuk elips

10’

Live:

Berbentuk elips

 

13

MS – Presenter memegang jenis mainan gantungan berbentuk segi enam

 

10”

Live:

Berbentuk segi enam

14

MS – Presenter memegang jenis mainan gantungan berbentuk segi enam

 

 

CU – tangan presenter menunjuk bagian-bagiannya

 

FADE-OUT

15”

Live ;

Ibu-ibu, jika kita perhatikan mainan gantungan ini sederhana, dan marilah kita pelajari bersama bagaimana cara membuatnya dan bagaimana menggunakannya.

 

Musik

 

15

FADE-IN-CU

CAPTION

BAHAN :

  • Triplek/Hardboard/karton
  • Cat merah, kuning, biru, hijau
  • 6 batang kayu, rotan, bamboo panjang 10cm dan 20 cm
  • Benang tebal/benang kasur

25”

Musik- Down

VO : Bahan untuk membuat mainan mudah diperoleh, yaitu triplek atau hardboard atau karton tebal, beberapa macam warna cat, kayu, rotan, bamboo atau bekas ballpoint, dan benang.

Bagaimana cara membuatnya?

Perhatikan petunjuk berikut

 

16

 

 

MS – Presenter memegang karton tebal berbentuk lingkaran

15”

Live :

Triplek, karton tebal, atau hardboard dibuat lingkaran dengan garis tengah dua puluh lima sentimeter.

 

17

CU – Tangan menunjukkan karton berbentuk elips

15”

VO : atau dapat juga dengan variasi dengan bentuk lain, misalnya bentuk elips atau…

 

18

CU – Tangan menunjukkan karton berbentuk segi enam

15”

VO – berbentuk segi enam

 

 

19

MS- Presenter menunjukkan satu sisi karton segi enam berwarna polos

10”

Live :

Satu sisi karton ini di cat dengan warna polos

 

20

CU – Satu sisi karton diberi gambar/potret wanita (ibu)

10”

VO – sisi yang lain diberi gambar wanita atau potret ibu

 

21

MS- Presenter menunjukkan tepi segi enam

15”

Live :

Pada sekeliling karton segi enam atau lingkaran diberi lubang

 

22

CU- Lubang-lubang pada sekeliling tepi segi enam

15”

VO : Antara lubang-lubang ini diberi jarak yang sama, untuk menggantungkan batang kayu atau bambu

 

23

MS – Presenter menunjukkan batang-batang kayu yang dicat masing-masing warna 3 batang (semua 12 batang)

 

15”

Live :

Ibu-ibu, ini dua belas batang kayu atau bamboo

24

CU – Tangan menunjukkan enam batang kayu ukuran 10 cm (warna merah dan hijau)

20”

VO : Enam batang berukuran 10 sentimeter. Tiga batang berwarna merah dan tiga batang berwarna hijau

 

25

CU – Tangan menunjukkan enam batang kayu ukuran 20 cm (warna biru dan kuning)

20”

VO : Enam batang berukuran 20 sentimeter. Tiga batang berwarna biru dan tiga batang berwarna kuning

 

 

 

 

26

 

 

 

MS- Presenter menunjukkan cara mengikatkan benang pengikat bambau pada lubang gtepi karton segi enam

 

 

 

25”

 

 

 

Live : Perhatikan, pekerjaan kita hamper selesai. Bambu diikat dengan benang atau tali, dan kemudian diikatkan pada lubang tepi karton ini

 

27

MS – Presenter menunjukkan mainan gantungan dan menunjuk pada batang kayu yang berukuran 10 cm dan 20 cm diselang-seling dengan warna yang berbeda

 

25”

Live :

Nah, agar lebih menarik penempatan batang kayu berukuran 10 sentimeter di selang-seling dengan yang berukuran 20 sentimeter dengan warna yang berbeda

 

28

 

CU – Karton segi enam yang bercat polos

10”

VO : Harus diperhatikan pada karton yang bercat polos

29

 

MS – Presenter memasang tali pada karton

10”

VO : Jadi, diberi tali empat atas untuk menggantung

 

30

 

CU – Karton segi enam yang bergambar wajah ibu

 

 

MS – Presenter mengangkat maianan gantungan setinggi ia melihat wajah ibu dari bawah

 

15”

VO : Jadi, bagian karton yang bergambar wajah ibu terletak di bagian bawah

31

LS – Presenter memegang mainan gantungan yang sudah jadi digerak-gerakkan (beberapa lama)

 

 

 

FADE-OUT

 

25”

FX – (suara klitik-klitik mainan)

Live :

Nah ibu-ibu, sekarang mainan gantungan sudah jadi, siap digunakan. Bagaimana caranya? (music)

 

32

FADE – IN

CU- CATION

 

PERMAINAN I

S U A R A   M E R D U

(Bayi 0-4 Bulan)

 

25”

(Musik)

VO : Ada beberapa macam memainkan

Permainan pertama di sebut suara merdu

 

33

MS- Bayi umur 4 bulan yang berbaring di kasur

 

10”

VO : Permainan ini untuk anak berusia di bawah empat bulan

 

34

 

CU – Wajah bayi

 

 

ECU – Telinga bayi

 

15”

 

Vo : Tujuan permainan ini untuk meneliti pendengaran anak, dengan mengamati reaksi terhadap suara

 

35

LS – bayi diletakkan telentang, Ibu memegang maianan gantungan di dekatnya. Letak mainan arah sebelah kiri badan bayi, arah telinga

20”

VO : Cara memainkan . Anak diletakkan telentang atau telungkup, kemudian mainan digoyang-goyangkan di dekatnya. Mula-mula arahkan ke telinga sebelah kiri

 

36

MS – Ibu menggoyang-goyangkan mainan

 

10”

VO : VX – (suara mainan)

37

CU – Wajah bayi berpaling kea rah kiri (reaksi terhadap suara)

15”

VO : Nah, jika anak menggerakkan kepala ke kiri berarti alat pendengaran anak baik

 

38

MS – Ibu menggoyang-goyangkan mainan pada arah telinga kanan bayi

15”

VO : FX – (suara maianan)

Nah, demikian pula bagaimana reaksi anak terhadap bunyi mainan dari sebelah kanan

39

MS – Bayi diletakkan telungkup. Ibu memainkan makanan di dekatnya

 

 

 

 

FADE-OUT

 

25”

VO-FX – (suara mainan)

VO : Jika anak tidak bereaksi terhadap suara mainan, harap segera dibawa ke Puskesmas atau ke dokter untuk diperiksa lebih teliti sejak dini

(Musik)

40

FADE-IN

CU- CAPTION

 

PERMAINAN II
IBU BERSUARA MERDU
(Bayi 0-3 bulan)

 

 

10 “

(Musik)

VO : Permainan kedua, Ibu bersuara merdu, untuk anak usia tiga bulan

41

MS- Bayi diletakkan telentang, ibu menunjukkan sisi yang bergambar ibu (wajah wanita)

15”

VO : Tujuan permainan ini untuk mengetahui apakah anak lebih menyukai gambar wajah wanita atau gambar polos

 

 

42

 

 

MS- Ibu menunjukkan papan mainan yang berwarna polos kepada bayi, kemudian diganti dengan yang bergambar wajah ibu

 

 

 

CU – reaksi wajah bayi

 

 

20”

 

 

VO : Cara memainkannya, kepada anak diperlihatkan sisi yang bergambar wajah ibu, dan sisi yang berwarna polos secara bergantian.

 

 

Perhatikan reaksi wajah bayi, mana yang lebih disenangi

 

43

LS – Bayi diletakkan telungkup, ibu menunjukkan sisi yang bergambar warna lain yang menyolok

 

FADE-OUT

15”

VO ; Dapat juga ditunjukkan pada anak, sisi dengan berbagai macam warna menyolok.

 

(Musik)

 

44

FADE – IN

CU- CAPTION

 

PERMAINAN III

KAKIKU PINTAR

(2-%5 bulan)

 

15”

(Musik)

VO ; Permainan kakiku pintar untuk anak usia antara dua sampai lima bulan

45

LS – Bayi diletakkan telentang di box, mainan digantungkan agak rendah sehingga terjangkau oleh gerakan kaki

 

15”

VO ; Tujuan permainan ini untuk melatih gerakan kaki si anak

46

MS – Bayi dengan mainan di dekatnya

10”

VO : Mainan digantungkan dekat kaki si anak

47

CU – Bayi menggerak-gerakkan kaki, menyentuh mainan

 

10”

FX – (suara maiana)

48

MS- Bayi dengan mainan di dekatnya dan menggerak-gerakkan kaki

 

 

CU – wajah bayi

FADE-OUT

 

20”

VO : Nah, perhatikan, mendengar suara anak menjadi senang, dan akan berulang-ulang menggerakkan kakinya

 

(Musik)

49

FADE-IN

CU-CAPTION

 

PERMAINAN IV

TANGANKU TRAMPIL

(3-5 bulan)

 

15”

(Musik)

VO : Permainan tanganku trampil untuk anak usia antara tiga sampai lima bulan

50

 

LS- Bayi dalam box ditidurkan telentang dan mainan digantungkan dekat dengan jangkauan tangan

 

10”

VO : Tujuan permainan ini untuk melatih motorik tangan

51

MS- Bayi menggerak-gerakkan tangan dan menyentuh mainan dan menimbulkan suara

 

CU – Wajah bayi

15”

FX – (Suara mainan)

VO : Pada waktu anak menggerak-gerakkan tangan akan menyentuh mainan dan timbul suara

52

CU – Tangan bayi menyentuh mainan

 

 

MS- Bayi menggerak-gerakkan tangan menyentuh mainan

 

FADE-OUT

 

20”

FX- (suara mainan)

VO : Dengan mendengar suara, anak senang, maka akan diulang-ulang menyentuh bahkan memegang mainan

 

(Musik)

53

FADE IN

CU-CAPTION

 

 

PERMAINAN V

SAYA LEBIH

(12-24 bulan)

 

15”

(Musik)

VO : Permainan dengan nama, saya lebih . Untuk anak usia sampai dua tahun

54

LS- Anak duduk dan ibu duduk di dekatnya memegang mainan dan menunjukkan sisi yang bergambar wajah pada anak

 

10”

VO : Tujuan permainan ini untuk belajar mengenal bagian-bagian dari wajah seseorang

55

 

MS – Ibu menunjukkan gambar wajah kepada anak

CU- Gambar wajah

 

10”

VO : Anak diminta menunjukkan bagian-bagian wajah orang

56

 

MS – Anak mengamati gambar wajah orang

 

 

CU – Wajah anak

FADE-OUT

 

10”

VO : Perhatikan apakah anak melakukan dengan senang

 

 

 

(Musik)

57

FADE-IN

CU- CAPTION

 

PERMAINAN VI

WARNA APA INI?

 

15”

(Musik)

VO : Permainan ini bertujuan untuk mengenal warna bagi anak usia antara tiga sampai empat tahun

58

MS- Ibu dan anak usia tiga tahun (Tono), dekat dengan mainan yang digantungkan

 

10”

VO: Perhatikan cara memainkannya

 

 

59

 

 

MS- Ibu menunjukkan batang bamboo yang berwarna merah kepada anak

 

 

 

10”

 

 

Live :

(IBU) : Tono perhatikan, ini warna merah

60

CU- Tono menirukan ucapan ibu

5”

Merah

61

MS- Ibu, Tono dan Mainan

CU- Ibu memegang bamboo warna merah

15”

(IBU): Nah, Tono.Sekarang cari bambu yang warnanya sama dengan ini ya.

 

62

MS- Tono mencari batang bambu yang berwarna merah, lalu ditunjukkan kepada ibunya

 

15”

(TONO): Ini bu, sama kan?

63

MS- Ibu dan Tono

CU- Wajah Tono berseri-seri

 

15”

(IBU) : Ya, bagus tono Pintar

64

MS- Tono mencari benda lain yang berwarna merah

 

 

 

FADE-OUT

20”

VO : Demikianlah ibu-ibu, anak dilatih mengenal setiap warna, biru, kuning, hijau dengan cara yang sama

 

(Musik)

 

65

FADE –IN

MS- Presenter

 

 

DISOLVE

CU-CAPTION

 

FOOD MODELS

 

FADE OUT

 

25”

Live : Para pemirsa, demikianlah acara kita kali ini, kita telah mempelajari cara menggunakan alat edukatif pada anak balita.

Sampai jumpa pada acara BKB yang akan dating dengan permainan yang lain….yaitu Makanan Sehat

 

66

FADE_ IN

CLOSING TITLE

20”

(Musik)

(Penutup Standar)

 

 

 

 

PROGRAM TELEVISI PENDIDIKAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s