OCD ??????

“Ce..menurut ce gimana OCD atau Obsessive Corbuzier Diet. sarapan atau makan pagi ini justru tidak dianjurkan. Kenapa?”

 

2 orang sahabatku bertanya soal OCD..aku awalnya hanya tersenyum..dan tersenyum…

Susah memang memberikan rekomendasi. Semua tergantung keyakinan akan diet yang dijalankan. Banyak metode diet yang bisa diliha dan dicoba.Tapi banyak juga dari mereka yang selalu gagal. Mula dari diet golongan darah, south beach diet, diet vege, diet herbal, food combining, bahkan ada yang diiringi tummy tuc. Semua itu butuh tenaga, keseriusan dan biaya yang tidak sedikit.

 

OCD, katanya perlu melakukannya secara bertahap atau mengikuti ‘jendela makan’ seperti yang ditulis Deddy dalam bukunya. Jendela makan adalah waktu Anda bisa menyantap makanan. Diet OCD memiliki empat tingkat, puasa 16 jam, 18 jam, 20 jam, hingga akhirnya sehari cuma satu kali.

Anda bisa memulai dengan puasa 16 jam atau hanya boleh makan selama 8 jam per hari. Berbeda dengan puasa Ramadhan, puasa OCD masih diizinkan minum air putih tapi tidak susu atau minuman manis lainnya. Anda juga bisa menentukan waktu sendiri untuk memulai OCD tapi hindari sarapan pagi. Setidaknya 3 jam setelah bangun tidur baru menyantap makanan.

 

Mungkin bila diet umumnya harus mengurangi makan nasi putih atau gorengan, khusus OCD bebas makan apa saja. Anda juga tidak perlu mengubah asupan makan ketika melakukan diet OCD. Anda boleh makan apa pun termasuk makanan berlemak sesuai selera. Akan tetapi, Deddy menyarankan agar tidak rakus.

 

Saya mencoba memberikan saran..

Dari hasil survey yang saya lihat secaa crossectinal (bersamaan) pada siswa SD yang biasa sarapan pagi dan tidak sarapan pagi, terlihat ada erbedaan yang signifikan pada konsentrasi belajar. Disamping itu keceriaan siswa juga berbeda.

 

Memang terkadang terlihat sepele apalagi banyak orang yang memilih menghilankan satu kali jam makan untuk berdiet. Saya kurang cocok dengan pemahaman ini. Karena kita memiliki enxzim yang harus bekerja pada setiap makro molekul. Kita juga punya hormon grhelin yang memicu pusat lapar dan kenyang..So…??

 

Menghilangkan sarapan/makan pagi..saya juga kurang sepaham. Karena menurut saya sarapan bukan hanya berkaitan dengan berat badan, tapi juga fungsi kognitif. Berbagai penelitian menunjukkan ketika sarapan, orang lebih bisa berkonsentrasi dan memiliki daya ingat lebih baik. Sarapan bisa lebih mudah membantu penurunan berat badan. Penelitian tersebut dilakukan Tel Aviv University. Mereka berhasil menemukan bahwa tidak melewatkan waktu makan dapat mudah mengendalikan berat badan. Selain itu juga porsi makan yang tepat juga sangat berpengaruh.

Yang utama adalah niat, kesungguhan dan ketekunan dalam menjalankan.

Puasa senin jumat juga merupakan alternatif terbaik….

See you…

 

Tanjung Pati, Rince Alfia Fadri. 19.30 WIB

 

OCD ??????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s